Asah Kreatifitas Desain di DKV

 

        

        Desain merupakan suatu hal yang penting di masa sekarang. Seorang desainer sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan, bahkan pada masa sekarang desainer mempunyai peranan penting untuk branding sebuah perusahaan. 

        Secara umum, pengertian desain adalah suatu perencanaan atau perancangan yang dilakukan sebelum pembuatan suatu objek, sistem, komponen, atau struktur. Dalam Desain Komunikasi Visual, desain digunakan untuk menyampaikan ide atau informasi kepada banyak kalangan dengan dibuat semenarik mungkin agar orang - orang tertarik untuk membaca atau melihat sesuatu yang kita buat.

        Dalam Desain Komunikasi Visual  kita akan mempelajari Desain dalam mata pelajaran Komputer Grafis dan Desain Publikasi.

Komputer Grafis


        Pada intinya, Komputer Grafis merupakan pelajaran untuk mempelajari tools yang ada dalam software untuk membuat desain. Software - software yang dimaksud diantaranya adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Figma, CorelDraw, dan sebagainya. Software - software tersebut memiliki kelebihannya masing masing yang jika dipelajari lebih lanjut, software - software tersebut akan menjadi kesatuan atau saling dibutuhkan. Misalnya, ketika kita akan membuat poster di Adobe Photoshop kita pasti membutuhkan elemen - elemen untuk mempercantik poster yang kita buat. Elemen - elemen tersebut kita bisa membuat di software Adobe Illustrator atau CorelDraw.

        Agar lebih mudah untuk membedakan, software - software tersebut dibagi menjadi dua jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

    Software Berbasis Vektor

        Grafis berbasis vektor merupakan gambar yang tersusun atas pola garis dan bentuk geometris (kurva). Desain vector memungkinkan adanya eksplorasi terhadap bentuk dan elemen-elemen desain yang sekiranya tidak bisa ditemukan pada peng-editan image bitmap. Sebuah ilustrasi memberi seseorang desainer keleluasaan untuk membentuk dan meng-edit-nya, sesuai dengan imajinasi dan teknik yang dimilikinya. Batasan yang ada hanyalah soal kreatifitas. 

        Software yang berbasis vektor diantaranya adalah CorelDraw dan Adobe Illustrator

        Kelebihan dari software berbasis vektor adalah sebagai berikut.

· Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
· Grafik dengan tipe vektor merupakan gambar yang dibentuk okeh objek berupa garis dan kurva.
· Kualitas hasil gambar dari tipe vektor tidak bergantung pada resolusi gambar.
· Untuk menyimpan file tipe vektor hanya memerlukan rang pentimpanan yang relatif kecil. 
· Pilihan gambar grafik yang paling tepat untuk mengolah/membuat gambar logo atau gambar setting percetakan.
· Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
· Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
· Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

    Software Berbasis Bitmap

         Bitmap adalah gambar digital yang tersusun dari persegi kecil. Persegi tersebut bernama piksel atau pixelSelain sangat kecil, pixel juga memiliki satu warna. Pada satu gambar bitmap, Anda akan menemukan jumlah piksel yang sangat banyak. Kumpulan piksel tersebut saling berjajar berdasarkan warnanya masing-masing sehingga membentuk sebuah gambar.

        Software berbasis bitmap diantaranya adalah Adobe Photoshop, Microsoft Paint, Paintshop Pro, dan sebagainya.


        Kelebihan dari software berbasis bitmap adalah sebagai berikut.

· Grafis dengan format bitmap sebenarnya bisa dibuka lewat perangkat apa saja, seperti ponsel dan juga komputer.

· Desain grafis dengan format bitmap juga sangat berguna untuk keperluan digital marketing, seperti membuat website dan membuat iklan-iklan promosi di social media.

· Warna yang dihasilkan dari gambar dengan format bitmap menampilkan warna yang alami. Hal tersebut karena bitmap banyak menyimpan informasi warna yang sangat berguna untuk sebuah file foto.

        

Desain Publikasi


        Dalam istilahnya, Desain Publikasi merupakan praktek dari pelajaran Komputer Grafis. Mengapa demikian? Karena dalam Desain Publikasi kita mempelajari bagaimana tata letak yang baik dan benar dalam desain, ukuran ukuran yang cocok untuk desain, dan sebagainya.

    Unsur - unsur dalam Desain Publikasi

· Garis (Line)

        Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

· Bentuk (Shape)

        Bentuk atau shape adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), segitiga (triangle), dan polygon.

· Tekstur (Texture)

        Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, dan lain sebagainya.

· Ruang (Space)

        Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya yang pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain. Sebagai contoh, tanpa ruang Anda tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf. Tanpa ruang Anda tidak tahu mana yang harus dilihat terlebih dahulu, kapan harus membaca dan kapan harus berhenti sebentar. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

· Ukuran (Size)

        Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Unsur ini digunakan untuk memperlihatkan mana objek manakah yang kita mau tonjolkan atau yang mau dipublis karenan dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

· Warna (Color)

        Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Dalam perwarnaan hendaknya disesuaikan dengan desain yang akan kita buat. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas. Dalam prakteknya warna dibedakan menjadi dua: yaitu warna yang ditimbulkan karena sinar (Additive color) yang biasanya digunakan pada warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat dengan unsur-unsur tinta atau cat (Substractive color) yang biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.


    Mengasah kreatifitas dalam desain harus dilakukan dengan tekun dan konsisten. Sebab kita akan menemukan apa yang kita mau dalam membuat desain seiring seringnya kita membuat desain. Membuat desain bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun dengan ketekunan dan konsisten, kita dapat membuat desain yang luar biasa.

Komentar